Jumat, 06 Mei 2011

SISTEM PELAYANAN KESEHATAN

A. Pengertian sistem

Pengertian sistem banyak macamnya. Beberapa diantaranya yang dipandang penting adalah :
1) Sistem adalah gabungan dari elemen-elemen yang saling dihubungkan oleh suatu proses atau stuktur dan berfungsi sebagai satu kesatuan organisasi dalam upaya menghasilkan suatu yang telah ditetapkan.
2) Sistem adalah suatu struktur konseptual yang terdiri dari fungsi-fungsi yang saling berhubungan yang bekerja sebagai satu unit organik yang mencapai keluaran yang diinginkan secara efektif dan efisien.
3) Sistem adalah suatu kesatuan yang utuh dan terpadu dari berbagai elemen yang berhubungan serta saling mempengaruhi yang dengan sadar dipersiapkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Pengertian sistem secara umum dapat dibedakan atas dua macam yakni :
1. Sistem sebagai suatu wujud
siatu sistem disebut sebagai wujud (entity), apabila bagian-bagian atau elemen-elemen yang terhimpun dalam system tersebut membentuk suatu wujud yang cirri-cirinya dapat di deskripsikan atau digambarkan dengan jelas.
2. Sistem sebagai suatu metode
Suatu sistem disebut sebagai suatu metode, apabila bagian-bagian atau elemen-elemen yang terhimpun dalam system tersebut membentuk suatu metode yang dapat dipakai sebagai alat dalam melakukan pekerjaan administrasi.





B. Ciri-ciri sistem

1. Dalam sistem terdapat bagian atau elemen yang satu sama lain saling berhubungan dan mempengaruhi yang kesemuanya membentuk satu kesatuan, dalam arti semuanya berfungsi untuk mencapai tujuan yang sama yang telah ditetapkan.
2. Fungsi yang diperankan oleh masing-masing bagian atau elemen yang membentuk satu kesatuan tersebut adalah dalam rangka mengubah masukan menjadi keluaran yang direncanakan.
3. Dalam melaksanakan fungsi tersebut, semuanya bekerja sama secara bebas namun terkait, dalam arti terdapat mekanisme pengendalian yang mengarahkannya agar tetap berfungsi sebagaimana yang telah direncanakan.
4. Sekalipun sistem merupakan satu kesatuan yang terpadu, bukan berarti ia tertutup terhadap lingkungan.

C. Unsur sistem terdiri dari :

1. Input
Merupakan subsistem yang akan memberikan segala masukan untuk berfungsinya sebuah sistem. Input sistem pelayanan kesehatan : potensi masyarakat, tenaga & sarana kesehatan, dsb.
2. Proses
Kegiatan yg mengubah sebuah masukan menjadi sebuah hasil yg diharapkan dari sistem tsb. Proses dalam pelayanan kesehatan: berbagai kegiatan dalam pelayanan kesehatan.
3. Output
Merupakan hasil yang diperoleh dari sebuah proses Output pelayanan kesehatan : pelayanan yang berkualitas & terjangkau sehingga masyarakat sembuh & sehat.

4. Dampak
Merupakan akibat dari output/hasil suatu sistem, terjadi dalam waktu yg relatif lama. Damapk sistem Pelayanan kesehatan adalah masyarakat sehat, angka kesakitan & kematian menurun.
5. Umpan balik
Merupakan suatu hasil yg sekaligus menjadi masukan Terjadi dari sebuah sistem yg saling berhubungan & saling mempengaruhi. Umpan balik dlm yankes : kualitas tenaga kesehatan.
6. Lingkungan
Semua keadaan di luar sistem tetapi dapat mempengaruhi pelayanan kesehatan.

D. Pengertian pelayanan

Pelayanan adalah merupakan kegiatan dinamis berupa membantu menyiapkan, menyediakan dan memproses serta membantu keperluan orang lain. (Soetanto,2003).
Pelayanan kesehatan adalah Setiap upaya yang diselenggarakan sendiri atau secara bersama-sama dalam suatu organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan perseorangan, keluarga, kelompok dan ataupun masyarakat.

E. Ciri-ciri pelayanan kesehatan
1. P : Pleasantness
Seorang petugas harus mampu menyenangkan pelanggan.
2. E : Eagerness to help others
Seorang memiliki keinginan yang kuat dari dalam dirinya untuk membantu
3. R : Respect for other people
Seorang harus menghargai dan menghormati pelanggan.
4. S : Sense of responsibility is a realization that what one does and says is important.
Seorang harus memiliki rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan dan perkataannya terhadap pelanggan.

5. O : Orderly mind is esenssial for methodical and accurate work
Seorang harus memiliki jalan jalan pemikiran yang terarah dan terorganisasi untuk melakukan pekerjaan dengan metode baik dan tingkat ketepatan yang tinggi.
6. N : Neatness indicates pride in self and job
Seorang harus memiliki kerapian dan bangga dengan pekerjaanya sendiri.
7. A : Accurate in everything done is of permanent importance
Seorang harus melakukan pekerjaan dengan keakuratan atau ketepatan atau ketelitian, hal ini merupakan sebuah nilia yang sangat penting.
8. L : Loyality to both management and colleagues make good time work
Seorang harus bersikap setia pada management dan rekan kerja, merupakan kunci membangun kerja sama.
9. I : Intelligence use of common sense at all time
Seorang harus senantiasa menggunakan akal sehat dalam memahami pelanggan dari waktu ke waktu
10. T : Tact saying and doing the right thing at the righ time
Seorang harus memiliki kepribadian, berbicara, bijaksana dan melakukan pekerjaan secara benar.
11. Y : Yearning to be good servive clerk and love of the work is essential
Seorang mempunyai keinginan menjadi pelayan yang baik serta mencintai pekerjaannya.




F. Tingkat pelayanan kesehatan

. Menurut Leavel & Clark
1. Health promotion (promosi kesehatan)
Merupakan tingkat pertama dalam memberikan pelayanan melalui peningkatan kesehatan Bertujuan utk meningkatkan status kesehatan masyarakat. Cth: kebersihan perorangan, perbaikan sanitasi lingkungan.

2. Specifik protection (perlindungan khusus)
Perlindungan khusus adalahmasy terlindung dr bahaya/ penyakit2 tertentu
Cth : Imunisasi, perlindungan keselamatan kerja.
3. Early diagnosis and prompt treatment (diagnosis dini & pengobatan segera) Sudah mulai timbulnya gejala penyakit Dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit Cth : survey penyaringan kasus

G. Lembaga Pelayanan Kesehatan

Merupakan tempat pemberian pelayanan kesehatan pd masyarakat untuk meningkatkan status kesehatan
Bervariasi berdasarkan tujuan pemberian yan kesehatan.
Terdiri dari :
1. Rawat Jalan
Bertujuan memberikan pelayanan kesehatan pd tingkat pelaksanaan diagnosis & pengobatan penyakit akut/ mendadak & kronis yg dimungkinkan tdk terjadi rawat inap.
2. Institusi
Merupakan lembaga pelayanan kesehatan yg fasilitasnya cukup dlm memberikan berbagai tk. pelayanan kesehatan Cth : RS, pusat rehabilitasi.
3. Hospice
Bertujuan memberikan pelayanan kesehatan yg difokuskan pd klien dg sakit terminal sampai melewati masa terminal dg tenang Biasanya digunakan dlm home care.
4. Community Based Agency
Dilakukan di keluarga klien, spt praktek perawat keluarga.

H. Lingkup Sistem Pelayanan Kesehatan

Dalam sistem pelayanan kesehatan dapat mencakup pelayanan dokter, pelayanan keperawatan & pelayanan kesehatan masyarakat.Terdapat tiga bentuk pelayanan kesehatan, yaitu :
1. Primary health care (pelayanan kesehatan tk. pertama)
-Dilaksanakan pd masyarakat yg memiliki masalah kesehatan yg ringan/masyarakat sehat sehingga kesehatan optimal & sejahtera
-Sifat pelayanan kesehatan: pelayanan kesehatan dasar
-Puskesmas, balai kesehatan.
2. Secondary health care (pelayanan kesh tk. Kedua)
Untuk klien yg membutuhkan perawatan rawat inap tapi tidak dilaksanakan di pelayanan kesehatan utama.
-RS yg tersedia tenaga spesialis.
3. Tertiary health care (pelayanan kesehatan tingkat Ketiga)
-Tingkat pelayanan tertinggi
-Membutuhkan tenaga ahli/subspesialis & sbg tempat rujukan utama seperti RS tipe A atau B.
Merupakan bagian dari pelayanan kesehatan yang meliputi pelayanan dasar & rujukan sehingga meningkatkan derajat kesehatan. Pada tingkat pelayanan dasar dilakukan di lingkup puskesmas dengan pendekatan askep keluarga & komunitas yang berorientasi pada tugas keluarga dalam kesehatan, diantaranya mengenal masalah kesehatan secara dini, mengambil keputusan, menanggulangi keadaan darurat, memberikan pelayanan dasar pada anggota keluarga yang sakit serta memodifikasi lingkungan.
Pada lingkup pelayanan rujukan, tugas perawat adalah memberikan askep pada ruang/lingkup rujukannya, seperti: asuhan keperawatan anak, askep jiwa, askep medikal bedah, askep maternitas, askep gawat darurat.

I. Faktor yang mempengaruhi pelayanan kesehatan :

1. Ilmu pengetahuan & teknologi baru
2. Pergeseran nilai masyarakat
3. Aspek legal dan etik
4. Ekonomi
5. Politik





















Daftar Pustaka

Wahit Iqbal Mubarak, SKM.2005. Pengantar Keperawatan Komunitas 1
http://laskargaluh.blogspot.com/2009/10/sistem-pelayanan-kesehatan.html
http://www.eriktapan.com/2007/08/kembali-berulang-masalah-sistem.html
http://arali2008.wordpress.com/perihal/sistem-dan-sub-sistem-puskesmas/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar